Jumat, 20 November 2015

Hari-hari Spesial ( 특별한 날 )

Kursus Bahasa Korea Cilacap

Ulang Tahun (생일)

Di Korea ulang tahun yang pertama dan ulang tahun ke 60 adalah yang paling penting. Saat anak lahir dan sudah berumur 1 tahun ulang tahun pertamanya di sebut dengan "DOL", dan pesta ulang tahun pertamanya disebut dengan 'doljanchi'. Orang tua dari sang anak dan sanak saudara berkumpul dan mendoakan kesehatan untuk sang anak. Kemudian ualng tahun yang ke 60 disebut dengan 'hwan gap'. Saat hwangapjanci (pesta ulang tahun ke 60) keluarga dan sanak saudara berkumpul untuk mengucapkan selamat dan mendoakan agar panjang umur.
Di Koreapun saat ada ulang tahun, biasanya keluarga atau teman-teman memberikan ucapan selamat ulang tahun dan menggelar pesta ulang tahun dengan menyiapkan makanan dan kue ulang tahun. Kemudian orang Korea biasanya saat ulang tahun memakan 'Miyeokguk' (Sup rumput laut).

Gaji Pertama (첫 월급) 

Di Korea jika seseorang menerima gaji pertama, ia akan memberi hadiah kepada orang tua atau orang yang berjasa pada dia. Kemudian ia juga akan mentraktir teman-temannya. Khususnya saat menerima gaji pertama, seseorang biasanya mengirimkan ucapan semoga sehat pada saat musim dingin kepada orang tua dan juga mengirimkan hadiah baju dalam berwarna merah. Akan tetapi, karena akhir-akhir ini orang memakai baju dalam sudah jarang mereka mulai menggantinya dengan mengirimkan obat, kosmetik, berbagai macam baju atau uang tunai kepada orang tua mereka.



0 komentar:

Posting Komentar